Tugas II Bahasa Indonesia 2 – Resensi (game)

Resensi game: Brave Frontier

Brave Frontier adalah game bergenre RPG (Role Playing Game) yang bisa dimainkan di telpon seluler dengan sistem operasi Android atau iOS (untuk iPhone). Pertama kali diluncurkan oleh perusahaan Alim untuk versi Jepangnya, lalu oleh perusahaan Gumi Asia untuk versi globalnya pada bulan Desember 2013.

Game ini berlatar pada masa medieval, di mana jubah perang dan sihir berperan besar. Dunia yang kita tinggali sedang dalam kekacauan karena perang yang terjadi antara manusia dengan dewa-dewa. Dewa-dewa tidak menyukai apa yang umat manusia perbuat dengan bumi, maka dari itu mereka memutuskan untuk menghukum manusia dengan cara memusnahkannya. Karena kekuatan manusia tak sebanding maka sebelum masa sekarang, banyak terjadi pertumpahan darah. Namun, ada beberapa dewa yang mendukung manusia dan memberi mereka kekuatan khusus untuk menandinginya, sehingga tercapailah masa damai pada zaman sekarang (saat kita memulai game).

Manusia yang diberi kekuatan khusus itu disebut Summoner, yang mempunyai kekuatan khusus dapat memanggil pahlawan dari dunia lain untuk ikut membantu kita mengalahkan kejahatan yang menguasai dunia yang kita tinggali. Pahlawan atau yang biasa disebut unit ini dapat kita panggil dengan gems, yang dapat kita peroleh dengan membeli secara online atau mendapatkannya dengan menyelesaikan misi-misi. Setiap unit memiliki cerita tersendiri tentang mengapa mereka terjun ke medan perang dan dengan kemampuan berbeda-beda pula. Nantinya unit ini dapat berevolusi ke bentuk yang lebih kuat, dengan mengumpulkan evolution unit dan membayar sejumlah zel (mata uang dalam game). Evolusi ini berguna untuk mengalahkan musuh yang semakin kuat dengan bergulirnya cerita semakin jauh.

Untuk melanjutkan cerita kita harus menyelesaikan misi-misi atau babak cerita, dengan melalui pertarungan. Di sinilah kemampuan unik masing-masing unit berfungsi. Untuk mengalahkan musuh tertentu, dibutuhkan kemampuan unit-unit tertentu pula. Inilah kelebihan game ini, sebab unit yang tersedia ratusan dan masing-masing memiliki karakterisasi yang unik. Setiap unit juga memiliki ceritanya sendiri-sendiri. Serta gambar setiap unit yang seperti komik jepang, yang hidup dan mampu kita kendalikan membuat game ini seperti animasi Jepang yang kita sendiri ikut berperan di dalamnya.

Ceritanya juga tidak kalah menarik. Walaupun tema seperti dewa-dewa di budaya Jepang sana sudah tidak asing, namun yang unik adalah di sini kita melawan mereka (justru bukan menyembah mereka). Semakin cerita berlanjut semakin menarik alurnya sebab cerita bahwa dewa-dewa tersebut menyerang manusia, tidak sesimpel itu. Ternyata ada pihak lain yang menghasut dewa-dewa tersebut dan ada beberapa dewa yang memiliki kepentingannya sendiri dalam cerita tersebut. Untuk lebih lanjutnya tentu harus memainkan game ini.

Di sisi negatifnya, meskipun game ini sangat menarik, namun untuk menambah unit-unit yang kita perlukan kita harus memiliki gems. Bila gems yang kita dapatkan secara gratis habis, maka kita harus membelinya. Harga satu gems kurang lebih sama dengan Rp. 8.300,-. Untuk mendapatkan 1 unit kita harus menghabiskan 5 gems. Bisa kita bayangkan berapa uang yang harus kita keluarkan hanya untuk sebuah kesenangan seperti game bukan? Untuk ukuran Indonesia, masih terlalu mahal.

Game ini juga menghabiskan banyak memori di ponsel Anda. Berukuran 700 sampai dengan 800 MB, tidak cocok untuk ponsel dengan kapasitas memori yang sedikit. Dan bila dibandingkan dengan game ponsel lainnya, saat kita memainkan game ini baterai ponsel sangat cepat habis. Maka sudah jelas, game ini dikhususkan untuk ponsel canggih dengan memori besar dan baterai yang tahan lama. Sekian resensi ini dibuat, semoga bermanfaat. Terima kasih🙂

maxresdefault
Evolusi dari unit
313
Unit bernama “Rashil”
bf_01
Contoh pertarungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s