Tugas I Bahasa Indonesia – Liburan

Hadiah untuk Ibu di Bali

Pada awal 2014 saya dan sekeluarga berlibur ke Bali setelah sekian lama kami tidak pernah pergi untuk liburan bersama lagi. Terutama setelah Ayah saya meninggal pada akhir tahun 2012. Dari jauh hari kami sudah mempersiapkan akan bagaimana perjalanan liburan kali ini. Mulai dari penginapan sampai dengan tempat wisata mana kah yang akan kami kunjungi selama di sana.

Betapa beruntungnya kami karena ternyata ada saudara ipar yang mempunyai villa di daerah Uluwatu dan bersedia untuk meminjamkannya, sehingga biaya penginapan yang biasanya memakan sepertiga atau lebih dari seluruh biaya perjalanan bisa dihemat. Sedangkan untuk urusan transportasi dan konsumsi – sayangnya — keluar dari kocek kami sendiri (hehe). Tanggal 20 Februari siang hari dengan pesawat kami berangkat dan sampai di bandara Ngurah Rai saat sore hari. Sebenarnya bertepatan dengan tanggal itu adalah ulang tahun Ibu kami dan liburan ini salah satu hadiah untuk beliau. Dengan mobil sewaan, kami langsung menuju restoran Italia di daerah Seminyak untuk makan malam perayaannya.

Hari berikutnya tanggal 21 Februari, kami sudah memutuskan untuk berkunjung ke Taman Safari Bali & Marine Park yang terletak di daerah Gianyar. Ternyata perjalanan sekitar sejam untuk mencapai tempat itu tidak sia-sia, sebab selain kebersihan tempatnya terjaga, koleksi faunanya termasuk lengkap untuk negara tropis seperti kita ini. Sungguh kesempatan yang tidak boleh dilewatkan bila kita berada di Bali. Sore harinya kami menyempatkan diri jalan-jalan santai di pantai Kuta, juga sekaligus untuk makan malam. Menyaksikan matahari terbenam di pantai Kuta ditemani dengan cuaca yang ramah merupakan pengalaman pertama bagi saya.

Tanggal 22 Februari, dengan niat untuk berenang dan bermain-main, kami mencoba untuk mencicipi pantai lainnya, yakni pantai Pandawa. Sekali lagi kami beruntung sebab pantai ini airnya jernih, termasuk pantai yang bersih, dan tidak terlalu ramai saat pagi itu. Sayangnya, hujan menerpa saat siang tiba sehingga kami memutuskan untuk menyudahi dan berlanjut untuk makan siang. Sore hari kami habiskan dengan berjalan-jalan di mall yang dekat dengan pantai Kuta. Ternyata mall tersebut mempunyai taman di lantai atasnya dan kami sekeluarga sekali lagi menyaksikan matahari terbenam di pantai Kuta. Hanya saja kali ini dari tempat yang lebih spesial, dari ‘taman gantung’.

Esok harinya tanggal 23 Februari, Pantai Dreamland adalah tujuan kami hari itu. Terletak di daerah Pecatu, pantai ini masuk dalam kawasan resort yang sangat luas dan kabarnya milik anak mantan presiden Indonesia. Sayangnya untuk masuk pantai tersebut kami harus membayar biaya yang cukup mahal, jadilah kami menemukan jalan pintas masuk lainnya. Sayangnya, jalan tersebut (yang dialiri muara kecil dari pantai di sampingnya) termasuk kotor dan berbau tak sedap. Setelah masuk, kami menyadari bahwa pantai ini lebih cocok bagi para peselancar sebab ombaknya tinggi. Tujuan kami adalah bermain air dan berenang, sehingga kami memutuskan pindah lokasi ke pantai Pandawa. Akhirnya kami bisa merasa puas bermain-main dengan air dan matahari yang cerah sepanjang hari itu.

Begitulah sekilas dari pengalaman liburan keluarga kami di Bali. Terima kasih