Nilai-nilai Budaya yang ada di Masyarakat Sekarang

Sering kita lihat tanda seperti ‘Dilarang Parkir’ atau ‘Dilarang Buang Sampah Sembarangan’ di berbagai macam pusat kegiatan. Salah satu contohnya di kampus kita, di sepanjang koridor gedung terdapat tiga tanda yakni: ‘Buanglah sampah pada tempatnya’, ‘Dilarang merokok’ dan ‘Mahasiswa dilarang berada di koridor sepanjang waktu perkuliahan’. Namun saya menemukan kenyataan berbeda dengan pelanggaran ketiga poin tersebut. Ke manakah nilai budaya kita yang mematuhi peraturan yang ada demi kondisi yang lebih baik?

Zaman sekarang di Indonesia sering kita menemukan kenyataan berbeda antara budaya zaman dulu dengan zaman sekarang. Mungkinkah budaya kita telah mengalami penurunan nilai? Berikut ini pendapat saya tentang nilai-nilai budaya yang ada, maupun yang telah sirna dari kehidupan masyarakat kita sekarang ini:

 

  • Menaati peraturan

Seperti saya katakan sebelumnya, banyak peraturan yang jelas-jelas terpampang di dalam kampus justru tidak diindahkan. Dan kondisi ini diperburuk oleh budaya maklum ataupun lumrah. Contoh kasus lain yang masih hangat terjadi adalah parkir liar di daerah perkantoran. Akibat dari kebiasaan yang berulang-ulang dan pemakluman warga sekitar atas hal tersebut, maka bisa terjadi kasus parkir liar ini. Seharusnya tindakan penegasan seperti pencabutan pentil ban, atau sanksi terhadap pembuangan sampah sembarangan sudah digalakkan sejak dulu.

 

  • Ramah-tamah

Sedari dulu bangsa Indonesia terkenal akan budaya keramah-tamahannya.  Sampai zaman sekarang pun budaya ini masih terlihat di antara masyarakat kita (untungnya di kota besar pun masyarakat kita masih tetap ramah). Bisa kita lihat dari banyaknya orang Indonesia yang bertegur sapa di sela-sela kesibukan mereka. Seperti bertemu kenalan atau teman di dalam angkutan umum yang ramai pun masih saling menyapa. Alangkah baiknya bila budaya yang baik seperti ini terus terpelihara.

 

  • Sopan santun

Budaya yang ini tidak hanya milik Indonesia, namun kebanyakan bangsa timur juga. Sopan dalam bertutur kata atau berperilaku telah lama menjadi budaya kita dan tetap terpelihara sampai sekarang. Walaupun di beberapa kota besar, dengan pendewasaan yang terlalu dini ataupun budaya barat yang terlalu kuat mengakibatkan budaya ini sedikit terhapus, untungnya budaya ini tetap mengakar kuat di masyarakat kita. Banyak anak muda sekarang tetap memanggil yang lebih tua dengan sapaan hormat, atau kaum yang tua pun memperlakukan kaum muda selayaknya dengan tidak merendahkan.

 

Itulah beberapa nilai budaya yang masih ada, maupun telah terkikis yang saya temukan di masyarakat Indonesia sekarang ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s